Breaking News

Minggu, 03 Desember 2017

Pengertian dan Fungsi Register Pada CPU/Prosesor Komputer | Jenis-jenis dan Ukuran Register

       Register berada didalam sebuah CPU (Prosesor).....
       Empat komponen utama pada komputer yaitu CPU, Memori, I/O, dan Interkoneksi Antar Komponen. Sebuah komputer memiliki beberapa memori, “berdasarkan letak” memori dapat dibagi menjadi tiga yaitu, memori yang berada pada CPU (prosesor), memori internal, dan memori eksternal. Jika ingin tahu lebih luas mengenai memori kamu bisa membacanya dengan mengeklik Memori berdasarkan letak. Yang kita bahas kali ini yaitu memori yang berletakan di dalam CPU (prosesor) yaitu:


Register pada CPU (Prosesor)
Register Komputer


Register Prosesor Komputer

       Mikro berkecepatan tinggi.....
       Register merupakan memori berukuran mikro yang berada di dalam prosesor dan memiliki kecepatan sangat tinggi. Register berfungsi untuk menyimpan data volatile sementara sebelum dieksekusi oleh prosesor. Register akan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan. Dengan kata lain, maka data dari memori penyimpanan seperti memori eksternal akan melewati memori register untuk pemrosesan perhitungan/komputasi sebelum diproses oleh CPU. Dan setelah di eksekusi, data akan melewati register lain sebelum ditampilkan sebagai data keluaran. Sebuah prosesor memiliki beberapa register di dalamnya. Pada dasarnya setiap mesin memiliki organisasi register yang berbeda. Jumlah banyaknya register tergantung dari organisasi dan arsitektur dari prosesor.

       Register-register pada Prosesor.....
       Pada sebuah prosesor memiliki lebih dari satu register. Register merupakan memori yang berukuran kecil yang memiliki kecepatan sangat tinggi. Register-register ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing seperti, penyedia alamat, mencatat alamat yang akan dieksekusi, menampung data, dsb. Adapun nama-nama register seperti Visible Register, Data register, Address register, MAR (Memori Addres Register), MBR (Memori Buffer Register), I/O AR (Input/Output Address Register), I/O BR (Input/Output Buffer Register), Register Kode Status Kondisi (Flag).

       Ukuran-ukuran register berdasarkan seri prosesor.....
       Adapun ukuran-ukuran register yaitu 4-bit, 8-bit, 16-bit, 32-bit, 64-bit. Dibawah ini merupakan ukuran-ukuran register berdasarkan seri prosesornya :
  • Register berukuran 4-bit ada pada prosesor seri Intel 4004
  • Register berukuran 8-bit ada pada prosesor seri Intel 8080
  • Register berukuran 16-bit ada pada prosesor seri Intel 8086, Intel 8088, Intel 80286
  • Register berukuran 32-bit ada pada prosesor seri Intel 80386DX, Intel 80486, Intel Pentium, Intel Pentium Pro, Intel Pentiun II, Intel Pentium III, Intel Pentium 4, Intel Celeron, Intel Xeon, AMD K5, AMD K6, AMD Athlon, AMD Athlon MP, AMP Athlon XP, AMD Athlon 4, AMD Duron, AMD Sempron
  • Register berukuran 64-bit ada pada prosesor seri Intel Itanium, Intel Itanium 2, Intel Xeon, Intel Core, Intel Core 2, Intel Core i3, AMD Athlon 64, AMD Athlon X2, AMD Athlon FX, AMD Turion 64, AMD Turion X2, AMD Sempron.


 Penjelasan, Pengertian, Nama-nama, Ukuran, dan Fungsi Register CPU (Prosesor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By